Profil Komisioner

Profil Komisioner

Struktur Komisioner Komisioner Komisi Informasi Provinsi Sumatera Utara Tahun 2019-2021

Profil Komisioner Komisi Informasi  Provinsi Sumatera Utara Tahun 2019-2021

Ketua  : Drs. Robinson Simbolon
Wakil Ketua : Drs. Eddy Syahputra AS, MSi
Ka. Divisi Advokasi, Sosialisasi dan Edukasi : Abdul Jalil, SH, MSP
Ka. Divisi Kelembagaan : Ramdeswati Pohan, MSP
Ka. Divisi Penyelesaian Sengketa Informasi : Meyssalina M.I. Aruan, S.Sos.

Berikut merupakan profil lengkap dari para komisioner:

Drs. Robinson Simbolon

Ketua : Drs. Robinson Simbolon
Ketua : Drs. Robinson Simbolon

Berprofesi dasar sebagai jurnalis, pria kelahiran 1966 yang akrab dipanggil Robin ini, telah dua periode dipercaya sebagai komisioner Komisi Informasi Provinsi Sumatera Utara yakni periode pertama 2012-2016 dan periode kedua 2017-2021. Alumni Fakultas Sastra Universitas Sumatera Utara ini juga pernah tercatat sebagai calon Hakim Ad Hoc Tipikor yang lolos seleksi untuk tingkat nasional dari pengadilan Sumatera Utara pada tahun 2015.

Keseluruhan pendidikan dan karier pekerjaan pria yang memiliki istri Dra. Oktoviana S. Perangin-angin dan dikarunia dua orang putri yakni Vivian Alanis dan Ameta Grace, berpusat di kota Medan yakni di SD Neg.No7 Monginsidi tahun 1977, SMP Negeri 1 Medan Tahun 1981 dan tamat dari SMA Negeri 1 Medan tahun 1984.

Mengawali karier sebagai jurnalis, Robin pernah berkiprah di dunia politik dan menjadi Wakil Ketua Partai Uni Demokrasi Indonesia (PUDI) yang dipimpin oleh Sri Bintang Pamungkas. Posisi inilah yang membawa dirinya sebagai anggota Panitia Pemilihan Daerah Provinsi Sumatera Utara (PPD TK I Sumut) pada pelaksanaan Pemilihan Umum tahun 1999. Selain itu, dia juga pernah menjadi anggota Panitia Pengawas Pemilihan Umum tingkat kota Medan pada pelaksanaan Pemilukada Walikota Medan pada tahun 2005 dan berlanjut pada pelaksanaan Pemilu Legislatif serta Pilpres pada periode pemilihan 2008-2009, serta pada pelaksanaan Pemilukada Walikota Medan pada tahun 2010.

Pria yang hobi berolahraga khususnya futsal dan sepakbola, secara aktif mengikuti berbagai pelatihan untuk menunjang pelaksanaan tugasnya seperti pelatihan manajemen konflik, legal drafting, ia juga memegang sertifikat sebagai mediator dari Sekolah Pasca Sarjana Universitas Gajah Mada (UGM) serta pemegang kartu beracara di pengadilan sebagai mediator dari Pusat Mediasi Nasional (PMN) Jakarta.

Drs. Eddy Syahputra AS, MSi.

Ka. Divisi Advokasi, Sosialisasi dan Edukasi : Drs. Eddy Syahputra AS, M.Si
Wakil Ketua : Drs. Eddy Syahputra AS, MSi

Alhamdulillah.”, itulah satu kata yang terucap sebaik mendengar hasil voting dalam sidang lengkap Komisi A DPRD Sumut yang memastikan dirinya bersama empat calon lainnya untuk ditetapkan sebagai Komisioner Komisi Informasi Provinsi Sumatera Utara periode 2017-2021, kemudian dilantik dan dikukuhkan oleh Gubsu Dr. Ir. H.T. Erry Nuradi pada 19 April 2017.

Bagi komisioner yang akrab disapa dengan Eddy Sormin ini, amanah di Komisi Informasi Publik (KIP) merupakan tantangan dalam menjalankan Undang-Undang No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik setelah sebelumnya dipercaya selama dua periode sebagai komisioner Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sumut.

Lebih dari separuh hidupnya menggeluti dunia pers, ternyata beliau dilahirkan di kota kecil di pinggir Selat Malaka, Labuhan Bilik, Kabupaten Labuhan Batu, Sumut pada 11 Oktober 1962. Mengikuti pendidikan dasar SD dan SMP di tanah kelahirannya (1968-1977) dan melanjutkan pendidikannya di SGO Negeri Medan (1977-1981) dan FPOK IKIP Negeri Medan (1981-1986). Beliau juga menjabat sebagai jurnalis dan wartawan di harian Waspada Medan (1981-2000), hingga kini masih tercatat sebagai anggota PWI Sumut dan terakhir pada tahun 2012 menerima satya lencana kesetian 15 tahun anggota PWI serta tercatat sebagai penerima sertifikat Wartawan Utama Hasil Uji Kompetensi Wartawan (UKW). Terakhir, ditengah kesibukannya beliau masih sempat menyelesaikan program Magister di UPMI Medan tahun 2015.

Suami dari Dra. Lely Yustina Lubis yang kini menjabat sebagai Ketua Divisi Advokasi, Sosialisasi, dan Edukasi KIP Sumut memiliki hobi bermain bowling dan billiard. Menurut pria beranak empat –dr. Frida Adhani Sormin, dr. Mhd. Ferhat Sormin, Ella Finarsih Sormin S.Ked, dan Hasri Ainun Sormin ini-, inti dari tugas KIP Sumut adalah menerima, memeriksa dan memutuskan sengketa informasi yang diajukan oleh pemohon informasi.

Abdul Jalil, SH, MSP

Abdul Jalil, SH, M.SP
Kepala Divisi Advokasi, Sosialisasi, dan Edukasi: Abdul Jalil, SH, M.SP

Pada tanggal 8 Februari 1958, lahirlah seorang anak laki-laki yang bernama Abdul Jalil, yang saat ini sudah beristri dan memiliki 3 orang anak. Pendidikan Strata I diperoleh dari Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara dan Pendidikan Strata II diraih dari Sekolah Pasca Sarjana Studi Pembangunan Universitas Sumatera Utara tahun 2004 dengan predikat cumlaude.

Pada tahun 1986 memulai pengabdian sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Sumatera Utara (BAPPEDASU), Badan Pendidikan dan Pelatihan Provinsi Sumatera Utara, Biro Organisasi Sekretariat Daerah Provinsi Sumatera Utara, Biro Hukum Sekretariat Daerah Provinsi Sumatera Utara, Sekretaris Korps Pegawai Republik Indonesia Provinsi Sumatera Utara dan Sekretaris Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum (LKBH) Provinsi Sumatera Utara dan pada tahun 2016 memasuki masa Purna Bhakti/pensiun sebagai PNS dengan pangkat/golongan terakhir Pembina Utama Madya (IV/d).

Pada 19 April 2017, dilantik oleh Gubernur Sumatera Utara menjadi Komisioner Komisi Informasi Provinsi Sumatera Utara sampai saat ini. Pria yang memiliki hobi olahraga Catur dan Tenis Lapangan ini merasakan bahwa informasi itu sangat penting, oleh karenanya setiap individu dan Badan Hukum harus dilindungi haknya untuk memperoleh informasi.

Pengalaman sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) selama 30 tahun telah membentuk pola pikir dan karakter dalam menjalani kehidupan bermasyarakat dengan berbagai dinamika pro dan kontra terhadap sesuatu kondisi. Rasa syukur selalu mendasari sikap dan perilakunya sehari-hari, sehingga terkesan familiar.

Meyssalina M.I. Aruan, S.Sos.

Kepala Divisi Penyelesaian Sengketa Informasi: Meyssalina M.I. Aruan, S.Sos.

Meyssalina Manuria Isabella Aruan, S.Sos. adalah alumni dari Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sumatera Utara (FISIP-USU) Medan. Beliau lahir di Medan, 17 September 1975 dari pernikahan Drs. K. Aruan (Alm.) dan R. Situmorang yang keduanya adalah pensiunan Pegawai Negeri Sipil (PNS). Perempuan yang akrab dipanggil Mey ini, memulai jenjang pendidikannya dari TK Kalam Kudus Medan dan kemudian di SD Methodist 5 Medan.

Kemudian mengikuti kedua orang tuanya yang pindah tugas ke Pemerintahan Kabupaten Tapanuli Utara, Mey menamatkan pendidikan SMP di SMP Santa Maria Tarutung. Lalu kembali lagi ke Medan dan akhirnya menamatkan pendidikan SMA-nya di SMAN 4 Medan. Mey juga telah lulus dan memegang sertifikat sebagai mediator pada tahun 2018 dari Pusat Mediasi Nasional (PMN) yang telah terakreditasi dari Mahkamah Agung Republik Indonesia (MARI). Saat ini wanita yang tergabung dalam AAI (Asosiasi Antropologi Indonesia) Sumatera Utara ini juga sedang menimba ilmu di Fakultas Hukum Universitas Dharma Agung (UDA) Medan.

Sebelum menjadi anggota Komisioner di Komisi Informasi Provinsi Sumatera Utara, Mey pernah bekerja di beberapa perusahaan swasta, termasuk menggeluti profesi sebagai jurnalis di Harian Analog Medan pada tahun 2001 dan 2002.

Wanita yang punya hobi membaca dan menonton ini menikah dengan Martohap Simarsoit, SH, wartawan senior di Harian SIB (Sinar Indonesia Baru) dan wartawan utama hasil UKW Dewan Pers. Beliau mempunyai anak empat orang masing-masing bernama Baritaraja Simarsoit, Immanuel Simarsoit, Nicolas Simarsoit, dan Daniel Simarsoit. Saat ini,  Mey menjadi salah satu komisioner di KI Sumut periode 2017-2021, dipercaya memegang posisi sebagai Ketua Divisi Kelembagaan KI Provsu dan baginya keterbukaan informasi adalah pintu gerbang menuju pemerintahan yang bersih dari KKN (Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme).

Ramdeswati Pohan, MSP

Kepala Divisi Kelembagaan: Ramdeswati Pohan, MSP

Lahir di Indrapura, 12 Desember 1969, Ramdeswati Pohan, atau Desi panggilan akrab beliau, meneruskan keinginan almarhum ayahanda yang pensiunan Jupen, menempuh pendidikan di Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Pembangunan Medan. Sempat bekerja sebagai pegawai kontrak di Departemen Tenaga Kerja Provinsi Sumatera Utara tahun 2000, beliau memilih berkarir di dunia jurnalis pada tahun 2004 dengan bekerja sebagai kontributor Berita Televisi Daerah Sumatera Utara di PT. Lativi Media Karya-TVONE.

Di sela kesibukan sebagai kontributor TV nasional, Desi berhasil menamatkan pendidikan Pasca Sarjana Studi Pembangunan di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara, pada tahun 2010. Permintaan untuk mengajar pada Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Pembangunan Medan, pada tahun 2011 tak ditampik Desi, setidaknya berbagi pengalaman selama menjadi kontributor televisi kepada mahasiswa calon jurnalis dan broadcaster di kampus STIKP Medan. Tahun 2012, ketika seleksi penerimaan calon anggota Komisi Informasi Provinsi Sumatera Utara dibuka, Desi ikut berkompetisi. Meski gagal dan hanya berada pada urutan enam, namun Desi dilantik menjadi Anggota Pengganti Antar waktu pada tahun 2014 menggantikan salah seorang komisioner yang meninggal dunia. Desi juga sempat menjadi Ketua Divisi Advokasi dan Wakil Ketua Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia di Sumatera Utara hingga menjadi Ketua Umum Forum Jurnalis Perempuan Indonesia periode 2015 – 2018.

Pada periode kedua seleksi Komisi Informasi Provinsi Sumatera Utara pada tahun 2017, Desi kembali kurang beruntung. Kekosongan kegiatan diisi dengan melanjut studi jenjang S-3 di Universitas Islam Negeri Medan, dengan konsentrasi Komunikasi Penyiaran Islam. Pada Juni 2018, Desi kembali dilantik sebagai Anggota Pengganti Antar Waktu di Komisi Informasi periode 2017-2021. Kini disela kesibukan sebagai Ketua Divisi Penyelesaian Sengketa Informasi (PSI) di KIP Sumut, Desi juga berupaya membagi waktu dengan penelitiannya sebagai mahasiswa dan mendidik mahasiswa di STIKP Medan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*