Profil Komisioner

Profil Komisioner

Struktur Komisioner Komisi Informasi Provsu Tahun 2018

 

Profil Komisioner Komisi Informasi Periode 2017-2021

Ketua  : Abdul Jalil, SH, MSP

Wakil Ketua : Drs. Robinson Simbolon

Ka. Divisi Kelembagaan : Meyssalina M.I. Aruan, S.Sos.

Ka. Divisi Penyelesaian Sengketa Informasi : Ramdeswati Pohan, MSP

Ka. Divisi Advokasi, Sosialisasi dan Edukasi : Drs. Eddy Syahputra AS, M.Si

Berikut merupakan profil lengkap dari para komisioner:

Abdul Jalil, SH, M.SP.

Abdul Jalil, SH, M.SP
Ketua : Abdul Jalil, SH, M.SP

Pria yang diberi nama Abdul Jalil ini lahir di Desa Sei Simujur Kabupaten Batubara pada tanggal 08 Februari. Didorong rasa ingin tahu masalah hukum yang merupakan warisan dari Belanda, pada tahun 1976, beliau terdaftar sebagai mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara, lalu kemudian ia menempuh gelar pasca sarjana Magister Studi Pembangunan (MSP) di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (USU) pada tahun 2004. Pada tahun 1986, memulai pengabdian sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Sumatera Utara (BAPPEDASU). Pengalaman sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) selama 30 tahun telah membentuk pola pikir dan karakter dalam menjalani kehidupan bermasyarakat dengan berbagai dinamika Pro dan Kontra terhadap sesuatu kondisi. Rasa syukur selalu mendasari sikap dan perilakunya sehari-hari, sehingga terkesan familiar. Setelah memasuki Purna Bhakti pada tahun 2016, niat pengabdian dilanjutkan pada Komisi Informasi Provinsi Sumatera Utara Periode 2017-2021 yang dimulai setelah dilantik oleh Gubernur Sumatera Utara pada tanggal 19 April 2017.

Drs. Robinson Simbolon

Wakil Ketua : Drs. Robinson Simbolon
Wakil Ketua : Drs. Robinson Simbolon

Alumni Fakultas Sastra Jurusan Sejarah Universitas Sumatera Utara (USU) kelahiran Medan, 14 Agustus 1966 ini memiliki seorang istri yaitu Dra Oktaviana Perangin-angin dan dua orang anak perempuan. Sebelum dipercaya sebagai komisioner di Komisi Informasi (KI) Provinsi Sumatera Utara, Robin, panggilan akrab Robinson Simbolon, pernah menjadi anggota pemilukada kota Medan tahun 2005. Tidak hanya menjadi pengawas pemilu, Robin juga pernah bekiprah di Partai Politik dan menjabat sebagai Wakil Ketua Partai Uni Demokrasi Indonesia (PUDI) Provinsi Sumatera Utara Tahun 1997-2000. Sebelumnya, komisioner yang mendapat gelar Mediator dari Pusat Mediasi Indonesia Sekolah Pasca Sarjana Universitas Gajah Mada (UGM) Jogjakarta ini juga pernah berkarir di dunia jurnalistik. Karir jurnalistiknya diawali sebagai wartawan di Harian Sinar Indonesia Baru (SIB), lalu di Harian Sore Garuda dan Berita Sore (Grup Harian Waspada). Di Komisi Informasi Provinsi Sumatera Utara ini dipercaya sebagai Wakil Ketua KI Sumut.

Eddy Syahputra AS, M.Si.

Ka. Divisi Advokasi, Sosialisasi dan Edukasi : Drs. Eddy Syahputra AS, M.Si
Ka. Divisi Advokasi, Sosialisasi dan Edukasi : Drs. Eddy Syahputra AS, M.Si

Tokoh yang lebih dari separuh hidupnya menggeluti dunia pers ini lahir di kota kecil di pinggir Selat Malaka, Labuhan Bilik, Kab. Labuhan Batu, Sumut, 11 Oktober 1962. “Kebersamaan dan silaturahmi” merupakan motto hidupnya. Itulah sebabnya tokoh yang dipercaya menjabat Ketua Divisi Advokasi, Sosialisasi dan Edukasi KIP Sumut ini bisa jadi ‘tidak enak badan’ jika melihat orang lain tidak bersikap seperti dirinya. “Saya ada di KIP Sumut ini, karena silaturahmi tadi. Tidak ada yang saya anggarkan.”, ujar suami dari Dra. Lely Yustina Lubis. Menurut pria beranak empat ini, inti dari tugas di KIP Sumut adalah menerima, memeriksa dan memutuskan sengketa informasi yang diajukan oleh pemohon informasi. Namun, banyaknya pemohon bukanlah menjadi acuan berhasil atau tidaknya program di KIP Sumut. Justru kita berharap sengketa semakin sedikit, yang berarti tingkat keterbukaan informasi di badan publik sudah semakin baik. “Untuk itu, KIP Sumut juga perlu memperbanyak program sosialisasi epada kepada badan publik dan masyarakat guna lebih memahami makna dan maksud baik dari UU No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik,” ujar mantan guru olahraga ini.

Meyssalina M.I. Aruan, S.Sos.

Ka. Divisi Kelembagaan : Meyssalina M.I. Aruan, S.Sos.
Ka. Divisi Kelembagaan : Meyssalina M.I. Aruan, S.Sos.

Meyssalina adalah alumni dari Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sumatera Utara (Fisip USU). Sebelum menjadi anggota Komisioner di KIP (Komisi Informasi Publik) Provinsi Sumatera Utara (Sumut), pernah bekerja di beberapa perusahaan swasta, termasuk menggeluti profesi sebagai jurnalis di Harian Analog (2001-2002) Medan. Saat ini sebagai salah satu komisioner di KIP Sumut periode 2017-2021, dipercaya memegang posisi sbagai ketua Divisi Kelembagaan KI Sumut dan baginya keterbukaan informasi adalah pintu gerbang menuju pemerintah yang bersih dari KKN (Kolusi, Korupsi, dan Nepotisme).

Ramdeswati Pohan, M.SP

Ka. Divisi Penyelesaian Sengketa Informasi : Ramdeswati Pohan, M.SP
Ka. Divisi Penyelesaian Sengketa Informasi : Ramdeswati Pohan, M.SP

Lahir di Indrapura, 12 Desember 1969, Desi, panggilan akrab beliau, meneruskan keinginan almarhum ayahanda yang pensiunan Jupen, ini menempuh pendidikan di Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Pembangunan Medan. Sempat bekerja sebagai pegawai kontrak di Departemen Tenaga Kerja Provinsi Sumatera Utara tahun 2000, kemudian beliau memilih berkarir di dunia jurnalis pada tahun 2004 dengan bekerja sebagai kontributor Berita Televisi Daerah Sumatera Utara di PT. Lativi Media Karya-TVONE. Dahaga akan ilmu pengetahuan, Desi pun melanjutkan studi Pasca Sarjana di USU dengan prodi Magister Studi Pembangunan tahun 2008. Juga perlu diketahui bahwa Desi juga menjadi Wakil Ketua Umum Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia Sumatera Utara dan divisi Advokasi dan Hukum di Forum Jurnalis Perempuan Indonesia, Desi pun pada awal tahun 2011 mengajar dari Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Pembangunan untuk mata kuliah Ilmu Jurnalistik dan Film pun tak ditampik. Mengikuti keinginan kawan kawan jurnalis, Desi pun mengikuti seleksi pemilihan Komisioner pada Komisi Informasi Provinsi Sumatera Utara dan akhirnya dilantik sebagai Komisioner Pengganti Antar Waktu pada 2014 silam. Juni 2018 Desi berkarir di Komisi Informasi Prov Sumut untuk periode 2017-2021 melalui proses PAW.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*