Realisasi Program Kerja KIP Sumut 2012

Realisasi Program Kerja KIP Sumut 2012

Realisasi Program Kerja KIP Sumut 2012

Senin, 10 September 2012 merupakan tonggak bagi Komisi Informasi Provinsi Sumatera Utara. Sebab setelah 30 bulan menunggu, akhirnya lima Komisioner Komisi Informasi (KI) Provinsi Sumatera Utara dilantik oleh Plt Gubernur Sumatera Utara, H Gatot Pujo Nugroho, ST di lantai 8 Kantor Gubernur, Jln Diponegoro Medan. Kelima Komisioner KI yang dilantik, Drs. H.M Natsir Isfa, MM, Drs. Mayjen Simanungkalit, H.M Syahyan S.Ag, H.M Zaki Abdullah dan Drs. Robinson Simbolon.

Usai dilantik, kelima Komisioner KI Sumut tersebut langsung menggelar rapat di ruang Desk Pemilukada di Lantai 8 Kantor Gubsu.Rapat yang mengutamakan azas kebersamaan dan musyawarah untuk mufakat tersebut menyepakati H.M Zaki Abdullah dan Drs. Mayjen Simanungkalit sebagai Ketua dan Wakil Ketua KI Sumut untuk periode dua tahun.

Kamis, 13 September 2012, Komisioner KI Sumut menggelar rapat dengan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Provsu, DR. H. Asren Nasution, MA di ruang kerja Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Jln. H.M Said Medan. Dalam rapat itu disepakati tentang program kerja KI Sumut untuk periode September-Desember 2012.Untuk mensukseskan program kerja empat bulan tersebut, Kadis Kominfo meminjamkan salah satu ruangan di Dinas Kominfo sebagai sekretariat KI Sumut sementara.Sedangkan untuk membantu kelancaran tugas dan administrasi, KI Sumut dibantu sejumlah staf Dinas Kominfo Provsu.

Berikutnya pada 14 September 2012 diSekretariat sementara KI Sumut di Kantor Kominfo Provsu, Komisioner KI Sumut kembali menggelar rapat pleno. Rapat menetapkan ketua-ketua devisi KI Sumut, yakni Drs. H. M Natsir Isfa, MM disepakati sebagai Ketua Divisi Kelembagaan dan Kerjasama antar Lembaga, H.M Syahyan S.Ag, Ketua Divisi Advokasi, Sosialisasi dan Edukasi, dan Drs. Robinson Simbolon, Ketua Divisi Penyelesaian Sengketa Informasi (PSI).

Sepekan setelah itu, 19 September 2012, lima komisioner KI Sumut berkonsultasi ke Komisi Informasi Pusat (KIP) di Jakarta. Rombongan diterima langsung Ketua Komisi Informasi Pusat Addul Rahman Ma’mun dan Ramli Simbolon.

Selama dua setengah jam bertemu dengan KI Pusat, Komisioner banyak mendapat masukan terkait tugas dan wewenang Komisi Informasi Provinsi. Komisioner KI Sumut juga melihat langsung ruang sidang mediasi dan ajudikasi nonlitigasi KI Pusat.

Keesokan harinnya, 20 September 2012, Komisioner KI Sumut melakukan “Study Kasus” ke KI Provinsi Jawa Barat (Jabar), di Bandung. Di sana, KI Sumut melihat langsung proses sidang ajudikasi non litigasi dengan pemohon Muhammad Hidayat Simanjuntak (MHS)melawan Sekda Provinsi Jawa Barat. Di KI Jabar, Komisioner KI Sumut banyak mendapat masukan terutama tentang tata cara penyelesaian sengketa informasi, kelembagaan dan kesekretariatan. Rombongan diterima langsung Ketua KI Jawa Barat, Dan Satriana.

Pada, 28 September 2012, Komisioner KI Sumut menghadiri puncak peringatan “Hari Hak Untuk Tahu Internasional” yang dipusatkan di Istana Wakil Presiden (Wapres), Jakarta.Sehari sebelumnya, 27 September 2012, Komisioner KI Sumut mengikuti Diskusi tentang “Peran Media Massa dalam Mendorong Keterbukaan Informasi Publik yang digelar KI Pusat di Bogor.

Di awal Oktober 2012, difasilitasi kepala Dinas Kominfo Provsu digelar acara “Coffe Morning” di ruang Transparansi Dinas Kominfo, Jalan HM Said Medan. Hadir dalam acara itu, selain Kadis Kominfo Provsu, DR. H. Asren Nasution, MA, lima komisioner KI Sumut, dan sejumlah kepala Dinas di Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemprovsu. Di acara yang penuh keakraban itu, Kadis Kominfo, Arsen Nasution memperkenalkan lima Komisioner KI Sumut kesejumlah pimpinan SKPD se-jajaran Pemprovsu. Dia juga menjelaskan tentang keberadaan KI Sumut, tugas dan wewenangnya serta tujuan dibentuknya UU No 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Rabu, 10 Oktober 2012, Komisioner KI Sumut bersama Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menggelar sosialisasi Keberadaan KIP Sumut dan UU No 14 Tahun 2008 di Aula Kantor Bupati Karo, Kabanjahe.Rombongan diterima Bupati Karo Kena Ukur Karo Jambi Surbakti dan pejabat muspida Karo. Selanjutnya pada, 19-20 Oktober 2012, Komisioner KI Sumut menjadi narasumber tentang UU KIP pada kegiatan “Penyuluhan dan Penyebaran Informasi Tahun 2012 di BP-PAUDI Regional 1 Medan di Jln. Kenanga Raya, Tanjung Sari, Medan.

Sosialisasi terus dilakukan, pada 30 Oktober 2012, KI Sumut menggelarnya di Aula Pemko Pematang Siantar. Sehari setelah itu, 31 Oktober 2012 dilanjutkan audiensi ke Wali Kota Tebing Tinggi diterima wakilnya, H. Irham Taufik, SH. Pada pertemuan itu, dijelaskan tentang keberadaan KIP Sumut dan UU No 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Kemudian pada 15 November, sosialisasi digelar di kantor Bupati Labuhanbatu Utara (Labura), di Aekanopan. Rombongan diterima Wakil Bupati Labura, H. Minan Pasaribu SH, MM. Pada 22 November 2012 sosialisasi di Pemkab Tobasa.Acara dibuka secara resmi Sekda Pemkab Tobasa, Liberty Manurung dan 30 November di Pemkab Langkat.Turut memberi sambutan di Pemkab Langkat Asisten 1 Pemkab Langkat, Drs Sura Ukur Ginting.Kemudian, 4 Desember 2012 sosialisasi di Pemko Tanjung Balai, 7 Desember 2012 di Labuhan Batu, Rantau Parapat dan 13 Desember di Pemkab Dairi.

Sedangkan, 20-22 Desember 2012 di Pemko Gunung Sitoli. Di Kota Gunung Sitoli selain sosialisasi tentang keberadaan KI Sumut dan UU No 14 Tahun 2008 tentang keterbukaan Informasi juga dilantiknya pejabat pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Pemko Gunung Sitoli oleh Wakil Wali Kota Gunung Sitoli, Drs Aroni Zendrato. Hadir Juga Kabid pendapatan Umum dan Hubungan Kelembagaan Dinas Kominfo Provsu, Dra Denny Simamora, MSi, Kabag Humas Pemko Gunung Sitoli, Jasniati dan pejabat lainnya di jajaran Pemko G.Sitoli.

Selain itu, komisioner KI Sumut juga menjadi narasumber pada acara sosialisasi atas undangan Dinas Kominfo Kota Medan di sejumlah kecamatan, diantaranya, Kecamatan Medan Helvetia, Medan Selayang, Medan Deli, dan Medan Area. 23 Oktober 2012, memberi materi tentang UU KIP dan uji konsekwensi di Markas Polisi Daerah (Mapolda) Sumut, Jln Medan Tanjung Morawa.

Berikutnya, pada 19 November 2012 menggelar “Dialog Publik” dengan sejumlah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), pimpinan Media massa dan lembaga terkait lainnya di Restoran Koki Sunda, Jln Hasanuddin, Medan, 21 Desember 2012, menjadi nara sumber Workshop atas undangan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Utara di Kota Tanjung Balai. Pada, 11-12 Desember 2012 menjadi nara sumber Diskusi dan Sosialisasi Keterbukaan Informasi Publik kerjasama KIP Pusat, Management Systems International (MSI) di Swiss Bell Hotel Medan yang dihadiri 50 peserta perwakilan LSM, mahasiswa, Ormas, Media Massa, pejabat pemerintah. Acara dilanjutkan “Talkshow dan Dialog Interaktif” di RRI Medan dan Deli TV.Bekerjasama dengan KI Pusat melaksanakan Pelatihan Case Manajemen dan Kepaniteraan tingkat Regional di Hotel Dharma Deli Medan, Jln Putri Hijau, 24-25 Oktober 2012.

Kegiatan Peningkatan Kualitas Komisioner KIP Sumut

Guna meningkatkan kualitas Komisioner Komisi Informasi Sumatera Utara yang dilantik, 10 September 2012, pada 16-18 Oktober 2012, kelima Komisioner KI Sumut melakukan Study Kasus ke KI Kepulauan Riau (Kepri). Selama di Kepri, Komisioner berkonsultasi dengan KI Kepri yang diterima langsung ketuanya, Lisminidingsih. KI Sumut banyak mendapat masukan tentang kelembagaan KI dan proses penyelesaian sengketa informasi antara pemohon dan termohon informasi. Pada 1-2 November 2012, Komisioner Komisi Informasi Provinsi Sumatera Utara mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) tentang kepaniteraan dan proses penyelesaian sengketa informasi di Banda Aceh. Acara dipandu Ketua KI Pusat, Abdul Rahman Ma’mun. Dilanjutkan Seminar Penyempurnaan Perki 2 di Banten.

Berikutnya, pada 16-19 Desember, KI Sumut mengikuti “Diskusi Terbatas” membahas kekosongan hukum di Kantor KI Jawa Tengah (Jateng) Kota Semarang.Setelah itu, 27-29 Desember 2012 melakukan study kasus ke KI Jawa Timur, Jalan Bandilan No 4 Waru Sidoarjo, Surabaya. Di KI Jatim, Komisioner KI Sumut diterima Wakil Ketua KI Jatim, Imadoeddin dan Daan R. Tanod, Ketua Divisi Penyelesaian Sengketa Informasi (PSI). Di KI Jawa Timur, Komisioner KI Sumut banyak menerima masukan tentang proses sengketa informasi yang kasusnya belum diatur dalam Peraturan Komisi Informasi (PERKI). Seperti pemeriksaan di tempat tanpa dihadiri pemohon dan lainnya.

BIDANG KELEMBAGAAN

Realisasi Program

Komisioner Komisi Informasi (KI) Provinsi Sumatera Utara dilantik oleh Plt. Gubernur Sumatera Utara, H. Gatot Pujo Nugroho, pada 10 September 2012 di Kantor Gubernur Sumatera Utara, Jln Diponegoro, Medan.

  • Komisioner Komisi Informasi Sumut menggelar rapat perdana usai dilantik, pada 20 September 2012 di Ruang Desk Pemilu, Lantai VIII Kantor Gubernur Sumut.
  • Komisioner KI Sumut berkunjung ke Kantor Komisi Informasi Pusat, pada 19 September 2012 di Gedung ITC Lt. V, Jalan Abdul Muis No.8 Jakarta. Kunjungan selain memperkenalkan KI Sumut, juga berkonsultasi tentang UU No: 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi dan hal-hal yang berkaitan dengan Komisi Informasi lainnya.
  • Komisioner KI Sumut melakukan studi banding tentang tata cara sidang mediasi dan ajudikasi non litigasi penyelesaian sengketa informasi publik ke Komisi Informasi Jawa Barat, pada 20 September 2012 di Kantor KIP Jawa Barat,  Jalan Erlich 3, Pasteur, Kota Bandung.
  • Komisioner KI Sumut mengikuti “Dialog Publik” tentang Undang Undang Keterbukaan Informasi Publik dengan pimpinan media massayang digelar KIP Pusat, pada 27 September 2012 di Bogor, Jawa Barat.
  • Plt Gubernur Sumatera Utara H. Gatot Pujo Nugroho bersama Komisioner KI Sumut menerima penghargaan dari Wakil Presiden RI,  Boediono atas prestasinya meraih juara II dalam mengimplementasikan UU No 14 Tahun 2008 pada puncak “Hari Hak Untuk Tahu”, 28 September 2012 di Istana Wakil Presiden, Jakarta Pusat.Komisioner KI Sumut mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) ttg Penyelesaian Sengketa Informasi Publik yang digelar KIP Pusat, pada 24-25 Oktober 2012 di Hotel Dharma Deli, Jln Balai Kota Medan.
  • Komisioner KI Sumut melakukan “ Studi Kasus” ttg penerapan UU Keterbukaan Informasi ke Komisi Informasi Kepulauan Riau (Kepri), pada 15 Oktober 2012.
  • Komisioner KI Sumut mengikuti Bimtek tentang tata cara sidang Mediasi dan ajudikasi non litigasi, pada 2 November 2012 di Banda Aceh.
  • Komisioner KI Sumut mengikuti “Diskusi Ahli” tentang kekosongan hukum yang digelar KI Jawa Tengah, pada 17 Desember 2012 di Kantor KI Jateng, Jln Tri Lomba Juang, Semarang.
  • Komisioner KI Sumut melakukan studi kasus tentang implementasi UU No 14 Tahun 2008 dan tata cara penyelesaian kasus sengketa informasi ke KI Jawa Timur, pada Desember 2012 di Kantor KI Jatim Jln Bandilan, Surabaya. Komisioner KI Sumut bersilaturrahmi dengan Sekda Provsu, H Nurdin Lubis di ruang kerjanya, di Medan.
  • Ketua KIP Sumut, H.M Zaki Abdullah menjadi pemateri pada pertemuan pimpinan Polda Sumut, pada 23 Oktober 2012 di Aula Mapoldasu, Jln Medan T. Morawa.
  •  
  • Komisioner KI Sumut bersilaturrahmi sekaligus mensosialisasikan UU No 14 Tahun 2008 tentang KIP ke pimpinan RRI Medan, pada 11 Januari 2013 di Gedung RRI Medan, Jln Gatot Subroto, Medan.
  • Komisioner KI Sumut bersilaturrahmi sekaligus mensosialisasikan UU No 14 Tahun 2008 tentang KIP ke pimpinan LPP TVRI Sumatera Utara, pada 15 Januari 2013 di Jln Putri Hijau Medan.
  • Komisioner KI Sumut bersilaturrahmi sekaligus mensosialisasikan UU No 14 Tahun 2008 tentang KIP ke rector dan pimpinan UMSU, pada 17 Januari 2013 di Aula Rektor UMSU, Jln KH Muktar Basri.
  • Komisioner KI Sumut bersilaturrahmi sekaligus mensosialisasikan UU No 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan informasi ke pimpinan Harian Analisa, pada 21 Januari 2013 di Kantor Hr. Analisa, Jln Pemuda Medan.
  • Komisioner KI Sumut bersilaturrahmi sekaligus mensosialisasikan UU No 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik ke pimpinan Hr.Orbit, pada 22 Januari 2013 di Gedung Bumi Jurnalis, Komplek Bumi Asri.
  • Komisi Informasi Sumut bersilaturrahmi sekaligus mensosialisasikan UU Keterbukaan Informasi Publik ke pimpinan Harian Waspada, pada 26 Januari 2013 di Kantor Redaksi Harian Waspada, Medan. 
  • Diskusi Publik dengan LSM, Jurnalis dan Anggota DPRD Kota Gunung Sitoli, pada 29-30 Januari 2013 di Kota Gunung Sitoli, Nias.
  • Komisioner KI Sumut mengikuti Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi I DPR-RI, pada 4 Maret 2013 di ruang Sidang Gedung DPR-RI, Jakarta.
  • Dua Komisioner KI Sumut H.M Zaki Abdullah dan H.M Syahyan RW, SAg mengikuti Pendidikan dan Latihan (Diklat) Mediator Bersertifikat, pada 19-25 Maret 2013 di Sekolah Pasca Sarjana Universitas Gajah Mada (UGM), Jogjakarta.
  • Komisioner KI Sumut menghadiri “Forum Grup Disscussion (FGD) yang digelar KKomisioner Komisi Informasi Provinsi I Provinsi Banten, pada 22-24 April 2013 di Kantor KI Banten.
  • Sumut menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan anggota Komisi A DPRD Sumut, pada 1 Oktober 2013 di Ruang Rapat Komisi A DPRD Sumut, Jln Imam Bonjol Medan.  
  • Komisi Informasi Sumut bekerjasama dengan Pusham Unimed menggelar Dialog Publik tentang UU KIP dan HAM, pada 3 Mei 2013 di Gedung Pusat Administrasi Unimed, Jln Williem Iskandar, Medan.
  • Dua Komisioner KI Sumut, Drs Mayjen Simanungkalit dan Drs Robinson Simbolon mengikuti Diklat mediator,  pada 28 Mei-3 Juni 2013 di Sekolah Pasca Sarjana Universitas Gajah Mada (UGM), Yogyakarta.
  • Komisioner KI Sumut mengikuti “Forum Grop Discussion (FGD) yang digelar KI Sumatera Selatan, pada 24-26 Juni 2013 di Kantor KIP Sumsel,  Palembang. Komisioner KIP Sumut H.M Zaki Abdullah menjadi narasumber Kegiatan Sosialisasi Pengawasan Pemilu bagi Media Massa dan Ormas di Sumatera Utara yang digelar PWI Sumut, 26 November 2013 di Gedung PWI Sumut, Medan.
  • Komisioner KIP Sumut, H.M Zaki Abdullah menjadi narasumber pada kegiatan Optimalisasi Pemanfataan Layanan Jaringan Teknologi Informasi yang digelar Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara, pada 26 November 2013 di Medan.
  •  
  • Komisi Informasi Provinsi Sumatera Utara menandatangani Memorendum of Undertending (MoU) dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Medan dan Forum Jurnalis Televisi Indonesia (FJPI) Sumut,  pada 12 November 2013 di Hotel Grand Kanaya, Medan.
  • Komisi Informasi Provinsi Sumatera Utara menandatangani MoU dengan Forum Jurnalis Perempuan Indonesia (FJPI) Sumut, Medan Press Club (MPC) dan Jurnalis Muslim Club (JMC), pada 25 November 2013 di Hotel Grand Kanaya, Medan.
  • Komisi Informasi Provinsi Sumatera Utara bersama Badan KesbangPol dan Linmas menandatangani Nota Kesepahaman, pada 19 Desember 2013 di Gedung IMT-GT Kampus USU Medan.
  • Komisioner KIP Sumut memberi  pembekalan tentang Undang Undang Keterbukaan Informasi Publik ke Siswa Dik Alih Golongan dari Brigadir menjadi Inspektur Polisi, pada 18 Desember 2013 di Aula Tribrata SPN Polda Sumut, Medan.
  • Komisioner KIP Sumut memberi pembekalan tentang UU KIP ke Siswa Diktuk Brigadir Dalmas Tahun Ajaran 2013, pada 28 Desember 2013 di Aula Tribrata SPN Polda Sumut, Medan.
  • Komisioner KIP Sumut mengikuti Fucus Grop Discussion (FGD) yang digelar KIP NAD,  pada 4 November 2013 di  Banda Aceh.

BIDANG ADVOKASI SOSIALISASI EDUKASI (ASE)

Realisasi Program

  • Komisioner KI Sumut menghadiri rangkaian acara puncak Hari Hak Untuk Tahu, pada 28 September 2012 di Red Hotel, Jakarta.
  • Komisioner KI Sumut mensosialisasikan UU KIP ke pimpinan SKPD, muspida, LSM dan jurnalis se-Kab.Karo, di Aula Kantor Bupati, Karo.
  • Komisioner KI Sumut menjadi nara sumber kegiatan Penyuluhan penyebaran informasi di Gedung BP-PAUDI regional 1 Medan.
  •  Komisioner KI Sumut sosialisasi UU No: 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik ke sejumlah pimpinan SKPD Pemko Siantar, LSM dan jurnalis Siantar, di Aula Kantor Walikota Siantar, Jln Merdeka.
  • Komisioner KI Sumut menjelaskan tentang UU KIP No: 14 Tahun 2008 ke Wakil Wali Kota Tebing Tinggi, H Irham Taufik, SH di Kantor Wali Kota Tebing Tinggi, Jln Sutomo.
  • Komisioner KI Sumut mensosialisasikan UU No 14 Tahun 2008 tenteng Keterbukaan Informasi Publik ke pimpinan SKPD Pemkab Labuhanbatu Utara (Labura), LSM dan jurnalis di Aula Kantor Bupati Labura, di Jln Lintas Sumatera.
  • Komisioner KI Sumut mensosialisasikan UU No: 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik ke pimpinan SKPD Pemkab Toba Samosir, LSM dan jurnalis, Pada 21 November 2012 di Aula Kantor Bupati Tobasa, Jln Mulia Raya, Balige.
  • Komisioner KI Sumut mensosialisasikan UU No 14 Tahun 2008 ttg Keterbukaan Informasi Publik ke pimpinan SKPD Pemko Tanjung Balai, LSM dan Jurnalis pada, 5 Desember 2012 di Aula Kantor Pemko Tanjung Balai.
  • Komisioner KI Sumut mensosialisasikan UU No 14 Tahun 2008 ke pimpinan SKPD Pemko Gunung Sitoli, pada 21 Desember 2012 di Aula Kantor Walikota Gunung Sitoli.
  • Komisioner KI Sumut, M Syahyan RW menjadi nara sumber pada acara “Dialog Interaktif ttg Keterbukaan Informasi” di Kantor Camat Medan Helvetia.
  • Komisioner KI Sumut menjadi nara sumber pada “Diskusi Keterbukaan Informasi bekerjasama dengan KIP Pusat dan MSI di SwisBell Hotel, Jln S. Parman, Medan.
  • Komisioner KI Sumut menjadi nara sumber Dialog Interaktif di Deli TV dan RRI.
  • Komisioner KIP Sumut M Syahyan RW menjadi nara sumber pada Seminar Sehari Peran Pers dalam Pemilukada Langsung, di Aula Pusat Bahasa dan Budaya, Kampus IAIN Sumut, Jln Williem Iskandar Medan.
  • Komisioner KIP Sumut menjadi nara sumber pada Dialog Interaktif di Radio “Independensi Media Dalam Pemberitaan Pilgubsu 2013, pada 16 Februari 2013 di Medan.
  • KI Sumut menggelar Dialog Publik UU No: 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dengan Walikota Sibolga, Syafri Hutahuruk, pimpinan SKPD, LSM dan jurnalis se-Kota Sibolga, pada 20 Februari 2013 di Aula Kantor Walikota Sibolga.
  • Komisi Informasi Sumut menggelar Dialog Publik tentang Keterbukaan Informasi Publik dengan sejumlah pimpinan dan pengurus Partai Politik (Parpol) di Sumatera Utara, pada 2 April 2013 di Medan.
  • Komisi Informasi Sumut menggelar Dialog Publik tentang Keterbukaan Informasi dengan pejabat, pimpinan SKPD Pemkab Asahan, LSM dan jurnalis se-Kab.Asahan, pada 8 April 2013 di Aula Kantor Bupati Asahan.
  • Komisi Informasi Sumut menggelar Dialog Publik tentang UU Keterbukaan Informasi ke sejumlah pejabat dan pimpinan SKPD Pemkab Samosir dan sejumlah LSM dan jurnalis, pada 8 Mei 2013 di Aula Kantor Bupati Pemkab Samosir. Acara dibuka Sekdakab Samosir Ir. Hatorangan Simarmata.
  • Komisioner KI Sumut menggelar Dialog Publik tentang UU No 14 Tahun 2008 dengan pejabat, kepala SKPD Pemko Binjai, LSM dan jurnalis di Kota Binjai, pada 20 Mei 2013 di Pendopo Umar Bakri Kota Binjai. Acara dibuka Asisten III Pemko Binjai H.T. Syarifuddin, S.Pd.
  • Komisioner KI Sumut menggelar Dialog Publik UU No: 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik ke pejabat, pimpinan SKPD, LSM dan jurnalis se-Kota Tebing Tinggi, pada 13 Juni 2013 di Kantor Walikota Tebing Tinggi. Acara dibuka Walikota Tebing Tinggi, Umar Junaidi Hasibuan.
  • Komisioner KIP Sumut H.M Zaki Abdullah dan H.M Syahyan RW menjadi nara sumber pada Dialog Interaktif tentang Keterbukaan Informasi di TVRI Sumut, pada 14 Juni 2013.
  • Komisi Informasi Sumut menggelar Dialog Publik tentang Undang Undang Keterbukaan Informasi ke sejumlah pejabat, pimpinan SKPD Pemkab Humbang Hasundutan (Humbahas), LSM dan jurnalis, pada 3-5 Juli 2013 di Aula Kantor Bupati Pemkab Humbahas di Dolok Sanggul.
  • Ketua Komisi Informasi Provinsi Sumatera Utara, H. M Zaki Abdullah menjadi nara sumber pada acara Forum Dialog Diseminasi, pada 3-5 Juli 2013 di Kota Pematang Siantar.
  • Komisiner Komisi Informasi Provinsi Sumatera Utara bersama staf  melukan monitoring dan evaluasi (Monev) terkait implementasi UU KIP ke Pemkab Tapanuli Selatan (Tapsel), pada 11-13 Juli 2013.
  • Komisioner KIP Sumatera Utara mengikuti “Diskusi Panel tentang Peraturan Komisi Informasi (Perki) No:1 Tahun 2013  yang digelar KIP Kepulauan Riau, pada 25-27 Juli 2013 di Batam.
  • Komisioner KIP Sumut dibantu staf KIP melakukan monitoring dan evaluasi (Monev) Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) dan implementasi UU No 14 Tahun 2008 di jajaran Pemkab Humbahas, pada 31 Juli-2 Agustus 2013 ke Kantor Bupati Pemkab Humbahas di  Dolok Sanggul.
  • Komisi Informasi Sumut bekerjasama dengan mahasiswa IAIN Sumatera Utara menggelar Dialog Publik tentang Keterbukaan Informasi, pada 18 April 2013 di Aula Pusat Budaya dan Bahasa Fak. Dakwah IAIN Sumut, Jln Williem Iskandar.
  • Komisi Informasi Provinsi Sumut menggelar Dialog Publik tentang UU Keterbukaan Informasi ke pejabat, pimpinan SKPD Pemkab Labuhanbatu induk pada, 9 Agustus 2013 di Aula Kantor Bupati Labuhanbatu, Rantau Parapat. Acara dibuka wakil Bupati Labuhanbatu Suheri Pane.
  • Komisioner KIP Sumut dan staf  melakukan Monev PPID dan implementasi UU KIP ke Pemkab Labuhanbatu, pada 26-28 Agustus 2013 di Rantau prapat. Acara juga  dihadiri Sekdakab Labuhan Batu Sugeng, S.Sos.
  • Komisi Informasi Provinsi Sumut menggelar Dialog Publik Aktivasi Edukasi dan Edvokasi UU Keterbukaan Informasi Publik dengan Lembaga Penerbitan Mahasiswa (LPM) Dinamika IAIN Sumut, pada 2 September 2013 di Kampus IAIN, Jln Williem Iskandar, Medan. Komisioner KIP Sumut menghadiri acara Peringatan Hari Hak Untuk Tahu, pada 28 September 2013 di Silang Monas, Jakarta. Acara dibuka Wakil Ketua DPR-RI Priyo Budi Santoso.
  • Komisi Informasi Provinsi Sumut menggelar Dialog tentang UU Keterbukaan Informasi Publik ke pejabat, pimpinan SKPD, LSM dan jurnalis se-Kota Padang Sidimpuan, pada 22 Oktober 2013 di Aula Kantor Walikota Padang Sidimpuan. Acara dibuka secara resmi oleh Sekda Kota Padang Sidempuan Drs Khairul Alamsyah.
  • Komisi Informasi Provinsi Sumatera Utara menggelar Dialog tentang Keterbukaan Informasi Publik ke sejumlah pejabat, pimpinan SKPD se-Pemkab Tapanuli Selatan, LSM dan jurnalis, pada 23 Oktober 2013 di Aula Kantor Bupati Tapsel. Acara dibuka Bupati Tapsel M. Syahrul Pasaribu.
  • Komisi Informasi Provinsi Sumut menggelar Dialog Publik UU No 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik ke pejabat, pimpinan SKPD Pemkab Mandailing Natal (Madina), LSM dan jurnalis se-Pemkan Madina, pada 24 Oktober 2013 di Aula Kantor Bupati Madina. Acara dibuka Asisten III Sekdakab Madina H. Samed, SE, MM.
  • Komisi Informasi Provinsi Sumut menggelar Dialog Publik tentang UU Keterbukaan Informasi ke pejabat, pimpinan SKPD Pemkab Tapanuli Utara, LSM dan jurnalis, pada 18 November 2013 di Aula Kantor Bupati Taput. Acara dibuka Bupati Taput, Torang Lumban Tobing.
  • Komisi Informasi Provinsi Sumatera Utara menggelar Dialog Publik tentang UU keterbukaan Informasi ke pejabat, pimpinan SKPD, LSM dan jurnalis Kabupaten Batu Bara, pada 19 November 2013 di Aula Kantor Bupati Batu Bara.
  • Komisioner KI Sumut, M Syahyan RW menjadi nara sumber pada Diskusi Publik Perjuangan Mahasiswa Memperoleh Informasi Publik, pada 28 November 2013 di Gedung Serbaguna Fak. Teknik Unimed, Medan. 
  • Kimisi Informasi Provinsi Sumatera Utara kerjasama dengan Lembaga Penerbitan Mahasiswa (LPM) TEROPONG UMSU menggelar Dialog Publik Aktivasi Edukasi UU Keterbukaan Informasi Publik, pada  29 November 2013 di Gedung Rektorat UMSU, Jln MUktar Basri, Medan.
  • Komisi Informasi Provinsi Sumatera Utara bekerjasama dengan Lembaga Penerbitan Mahasiswa (LPM) Suara USU menggelar Dialog Publik Aktivasi Edukasi UU Keterbukaan Informasi Publik, pada 3 Desember 2013 di Gedung Peradilan Semu, Kampus USU.
  • Komisioner KIP Sumut menjadi nara sumber Seminar Nasional Pers Lintas Almamater yang digelar Fak. Hukum USU, pada 9 Desember 2013 di Gedung Peradilan Semu, USU.

BIDANG PENYELESAIAN SENGKETA INFORMASI (PSI)

Realisasi Program

  • Komisi Informasi Provinsi Sumut mengikuti Rapat Kerja Teknis (Rakernis) membahas tentang Perki No: 1 Tahun 2013, pada 4-5 September 2013 di Jakarta. Acara dihadiri Sekretaris Komisi Informasi Pusat (KIP) Bambang Hardi Winata dan dibuka Ketua KIP  Abdul Hamid Dipopramono.
  • Mediasi antara LSM Kesra vs SMP N 6 Medan, pada 11 Maret 2013 di Kantor KI Sumut
  • Mediasi antara LSM Kesra vs SMP N 38 Medan, pada 11 Maret 2013 di Kantor KI Sumut.
  • Mediasi antara LSM Kesra vs SMP N 42 Medan, pada 11 Maret 2013 di Kantor KI Sumut.
  • Mediasi antara LSM Kesra vs SMP N 3 Medan, pada 11 Maret 2013 di Kantor KI Sumut.
  • Mediasi antara LSM Kesra vs SMP N 27 Medan, pada 11 Maret 2013 di Kantor KI Sumut.
  • Mediasi antara LSM Kesra vs SMP N 35 Medan, pada 11 Maret 2013 di Kantor KI Sumut.
  • Mediasi antara LSM Kesra vs SMP N 13 Medan, pada 11 Maret 2013 di Kantor KI Sumut.
  • Mediasi antara LSM Kesra vs SMP N 7 Medan, pada 10 Mei 2013 di Kantor KI Sumut.
  • Mediasi antara NGO TOPAN-AD vs Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kab. Dairi,  pada 20 Juni  2013 di Aula Kantor Bupati Dairi.
  • Mediasi antara NGO TOPAN-AD vs Kepala PPAKB Kab. Dairi, pada 19 Juni  2013 di Aula Kantor Bupati Dairi.
  • Mediasi antara NGO TOPAN-AD vs Kepala Dinas Pengairan/UPT Balai SDA Kab. Dairi, pada 19 Juni  2013 di Aula Kantor Bupati Dairi.
  • Mediasi antara NGO TOPAN-AD vs Kepala Kantor Bersama Samsat UPT Dispendasu Sidikalang Kab. Dairi, pada 20 Juni  2013 di Aula Kantor Bupati Dairi.
  • Mediasi antara NGO TOPAN-AD vs Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kab. Dairi, pada 20 Juni  2013 di Aula Kantor Bupati Dairi.
  • Mediasi antara NGO TOPAN-AD vs Kepala Dinas Kehutanan Kab. Dairi, pada 19 Juli  2013 di Mess Pemprovsu Brastagi Kab. Karo.
  • Mediasi antara NGO TOPAN-AD vs Kepala Badan Ketahanan Pangan Kab. Dairi, pada 19 Juni  2013 di Aula Kantor Bupati Dairi.
  • Mediasi antara NGO TOPAN-AD vs Kepala PDAM Tirtan Nciho Kab. Dairi, pada 19 Juni  2013 di Aula Kantor Bupati Dairi.
  • Mediasi antara NGO TOPAN-AD vs Kepala UPTD Bina Marga Kab. Dairi, pada 18 Juli  2013 di Mess Pemprovsu Brastagi Kab. Karo.
  • Mediasi antara NGO TOPAN-AD vs Kepala Dinas Cipta Karya dan Penataan Ruang dan Pemukiman Kab. Dairi, pada 20 Juni  2013 di Aula Kantor Bupati Dairi.
  • Mediasi antara NGO TOPAN-AD vs Kepala Dinas Pertanian Kab. Dairi,  pada 20 Juni  2013 di Aula Kantor Bupati Dairi.
  • Mediasi antara NGO TOPAN-AD vs Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kab. Dairi, pada 20 Juni  2013 di Aula Kantor Bupati Dairi.
  • Mediasi antara NGO TOPAN-AD vs Kepala Dinas Pendapatan, Pengelola Keuangan dan Asset Daerah Kab. Dairi, pada 20 Juni  2013 di Aula Kantor Bupati Dairi.
  • Mediasi antara NGO TOPAN-AD vs Sekretaris Dinas Pertambangan dan Energi Kab. Dairi,  pada 19 Juni  2013 di Aula Kantor Bupati Dairi.
  • Mediasi antara NGO TOPAN-AD vs Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Kab. Dairi, pada  20 Juni  2013 di Aula Kantor Bupati Dairi.
  • Mediasi antara NGO TOPAN-AD vs Kepala Dinas PU Bina Marga Kab. Dairi, pada 20 Juni  2013 di Aula Kantor Bupati Dairi.
  • Mediasi antara NGO TOPAN-AD vs Kepala Kantor Lingkungan Hidup Kab. Dairi, pada 20 Juni  2013 di Aula Kantor Bupati Dairi.
  • Mediasi antara NGO TOPAN-AD vs Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kab. Pak-pak Bharat,  pada 23 Agustus 2013 di Mess Pemprovsu Sidikalang.
  • Mediasi antara NGO TOPAN-AD vs Sekretaris Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi Kab. Pak-pak Bharat pada, 23 Agustus 2013 di Mess Pemprovsu Sidikalang.
  • Mediasi antara NGO TOPAN-AD vs Sekretaris Dinas Pendidikan Kab. Pak-pak Bharat, pada 23 Agustus 2013 di Mess Pemprovsu Sidikalang.
  • Mediasi antara NGO TOPAN-AD vs Direktur Rumas Sakit Umum Daerah Kab. Pak-pak Bharat, pada 23 Agustus 2013 di Mess Pemprovsu Sidikalang.
  • Mediasi antara NGO TOPAN-AD vs Sekretaris Dinas Pertanian Kab. Pak-pak Bharat, pada 23 Agustus 2013 di Mess Pemprovsu Sidikalang.
  • Mediasi antara NGO TOPAN-AD vs Sekretaris Daerah Kab. Pak-pak Bharat, pada 23 Agustus 2013 di Mess Pemprovsu Sidikalang.
  • Mediasi antara NGO TOPAN-AD vs Sekretaris Ketahanan Pangan Kab. Pak-pak Bharat, pada 23 Agustus 2013 di Mess Pemprovsu Sidikalang.
  • Mediasi antara NGO TOPAN-AD vs Sekretaris Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kab. Pak-pak Bharat, pada 23 Agustus 2013 di Mess Pemprovsu Sidikalang.
  • Mediasi antara NGO TOPAN-AD vs Sekretaris Dinas Pendapatan, Pengelola Keuangan dan Asset Daerah Kab. Pak-pak Bharat, pada 23 Agustus 2013 di Mess Pemprovsu Sidikalang.
  • Mediasi antara NGO TOPAN-AD vs Sekretaris Dinas PU Bina Marga Kab. Pak-pak Bharat, pada 23 Agustus 2013 di Mess Pemprovsu Sidikalang.
  • Mediasi antara NGO TOPAN-AD vs Sekretaris Dinas Cipta Karya Kab. Pak-pak Bharat, pada 23 Agustus 2013 di Mess Pemprovsu Sidikalang.
  • Mediasi antara NGO TOPAN-AD vs Sekretaris Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa dan BKKBN Kab. Pak-pak Bharat, pada 23 Agustus 2013 di Mess Pemprovsu Sidikalang.
  • Mediasi antara NGO TOPAN-AD vs Sekretaris Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Perhubungan, Partamanan dan Kebersihan Kab. Pak-pak Bharat, pada 23 Agustus 2013 di Mess Pemprovsu Sidikalang.
  • Mediasi antara NGO TOPAN-AD vs Sekretaris Dinas Kehutanan dan Pertambangan Kab. Pak-pak Bharat pada 23 Agustus 2013 di Mess Pemprovsu Sidikalang.
  • Mediasi antara NGO TOPAN-AD vs Sekretaris Dinas Tenaga Kerja dan Sosial Kab. Pak-pak Bharat, pada 23 Agustus 2013 di Mess Pemprovsu Sidikalang.
  • Mediasi antara NGO TOPAN-AD vs Sekretaris Dinas Kesehatan Kab. Pak-pak Bharat, pada 23 Agustus 2013 di Mess Pemprovsu Sidikalang.
  • Mediasi antara Lamhot Juliher Sitorus vs Sekretaris Daerah Kab. Labuhanbatu, pada 10 September 2013 di Kantor KNPI Labuhanbatu Rantau Prapat.
  • Ajudikasi antara NGO TOPAN-AD vs Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kab. Dairi pada tangal 23 September 2013 di Pengadilan Tata Usaha Negara Medan.
  • Ajudikasi antara NGO TOPAN-AD vs Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kab. Dairi pada tangal 23 September 2013 di Pengadilan Tata Usaha Negara Medan.
  • Ajudikasi antara NGO TOPAN-AD vs Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Sosial Kab. Dairi pada tangal 23 September 2013 di Pengadilan Tata Usaha Negara Medan.
  • Ajudikasi antara NGO TOPAN-AD vs Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi Kab. Dairi pada tangal 21 Agustus 2013 di Mess Pemprovsu Kab. Dairi.
  • Ajudikasi antara NGO TOPAN-AD vs Kepala Dinas Kesehatan Kab. Dairi pada tangal 24 September 2013 di Pengadilan Tata Usaha Negara Medan.
  • Ajudikasi antara NGO TOPAN-AD vs Kepala Dinas Pendidikan Kab. Dairi pada tangal 24 September 2013 di Pengadilan Tata Usaha Negara Medan.
  • Ajudikasi antara NGO TOPAN-AD vs Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Kab. Dairi pada tangal 24 September 2013 di Pengadilan Tata Usaha Negara Medan.
  • Ajudikasi antara Dewan Pimpinan Cabang Persatuan Advokat Indonesia (PERADIN) Kisaran vs Pimpinan Pengadilan Agama Kisaran pada tangal 18 Desember 2013 di Lobby Hotel Nusa Indah Kisaran.
  • Ajudikasi antara Lamhot Juliher Sitorus dan Jhon Wesly Sitorus vs Kepala Badan Pelayanan Perizinan Terpadu dan Penanaman Modal Pemkab Labuhan Batu Selatan pada tangal 17 Desember 2013 di Gedung Pengadilan Negeri Cabang Kota Pinang Labusel.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*