Tiga ‘Petinggi’ Pemkab Nias Presentasi Monev 2023 di KI Sumut

Tiga ‘Petinggi’ Pemkab Nias Presentasi Monev 2023 di KI Sumut

MEDAN | Tunjukkan komitmen Keterbukaan Informasi di Pemkab Nias, Bupati Nias utus tiga ‘ Petingginya’ lakukan presentasi Monitoring dan Evaluasi( Monev) Senin (26/6/2023) di Kantor Komisi Informasi (KI) Sumut Jalan Al Falah No 22.
Tiga ‘ Petinggi’ Pemkab Nias itu adalah Wakil Bupati Arota Lase Sekda Samson P Zai dan Kadis Kominfo Chris P Zai .
Presentasi diantarkan oleh Wakil Bupati Arota Lase yang menyebutkan Pemkab Nias sangat berkomitmen untuk menerapkan Keterbukaan Informasi Publik di Pemkab Nias khususnya bagi aparatur di jajaran Pemkab Nias.
Arota Lase menegaskan saat ini tidak ada lagi informasi terkait kebijakan publik yang ditutup tutupi agar bisa sama sama diawasi oleh seluruh lapisan masyarakat.
Diakhir pengantarnya Arota Lase berharap Pemkab Nias bisa meraih predikat tertinggi pada Monev Tahun 2023 ini.
Sementara itu Sekda Nias Samson P Zai ketika mempresentasikan kebijakan tentang Keterbukaan Informasi Publik di Pemkab Nias menegaskan bahwa Bupati dan Wakil Bupati sudah membentuk lembaga untuk melaksanakan keterbukaan informasi publik itu yakni Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) hingga ke tingkat OPD.

Selain itu juga dibuat infrastruktur teknologi berupa website yang memuat seluruh pelayanan di Pemkab Nias.
” Saat ini kami sedang membuat aplikasi android agar lebih memudahkan masyarakat mendapatkan informasi publik. Dalam waktu dekat ini aplikasi android itu bisa terwujud,” kata Samson.
Samson menegaskan bahwa keterbukaan informasi publik ini untuk melindungi aparatur di Pemkab Nias agar tidak menyalahgunakan wewenang karena seluruh kebijakan diawasi oleh masyarakat.
Selain itu kata Samson undang undang keterbukaan informasi publik ini merubah mindset pejabat dan masyarakat. ‘ Pak bupati dan wakil saat ini sedang memperbaiki sistem pelayanan kepada masyarakat termasuk juga pelayanan keterbukaan informasi publik karena dengan sistem yang baik maka pelayanan juga akan baik,’ kata Samson.
Sementara itu Ketua KI Sumut Dr Abd Harris didampingi Wakil Ketua KI Sumut Eddy Syahputra sangat salut dan memuji komitmen Pemkab Nias dalam menerapkan Keterbukaan Informasi Publik. Harris menegaskan setelah presentasi maka akan dilakukan visitasi melihat langsung apa yang sudah dipresentasikan hari ini. rel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*