KI Sumut Dan Unimed Sepakat ‘ Membumikan’ UU Keterbukaan Informasi Publik

KI Sumut Dan Unimed Sepakat ‘ Membumikan’ UU Keterbukaan Informasi Publik

MEDAN : Komisi Informasi (KI) Sumut dan Universitas Negeri Medan (Unimed) sepakat ‘membumikan’ UU No 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik kepada 30.000 mahasiswa Unimed.

Hal itu terungkap ketika KI Sumut yang dipimpin Ketua KI Sumut Dr Abd Harris SH, MKn, Wakil Ketua Drs Eddy Syahputra MSi dan Kadiv PSI Muhammad Safi’i Sitorus SH serta staf Ayu Kesumaning Dewi, Devi Daulay saat beraudensi dengan Rektor Unimed Prof Dr Baharuddin ST, MPd Selasa (14/11/2023).
Harris menjelaskan Komisi Informasi Sumut hadir ke Unimed untuk mengajak Unimed bersama sama mensosialisasikan UU Keterbukaan Informasi dalam bentuk MOU dan bisa direalisasikan melalui lembaga lembaga yang ada di Unimed. ” Kami sudah melakukan MOU dengan USU, UIN Sumut, Universitas Dharmawangsa dan Poldasu menyusul nanti dengan beberapa kampus lainnya. Tujuannya adalah agar undang – undang ini bisa tersosialisasi di lingkungan akademisi,” kata Harris.
Harris juga mengungkapkan sejak diundangkan 15 tahun lalu ternyata masih banyak badan publik yang belum melaksanakan undang undang keterbukaan informasi publik ini sehingga banyak informasi yang seharusnya disampaikan ke publik akhirnya tidak tersampaikan. Selain itu kata Harris lagi ketidak tahuan pejabat publik terkait undang undang ini mengakibatkan pejabat itu ketika bersengketa informasi tidak tahu apa yang disiapkan apa lagi dokumen apa yang harus dibawa.

Sementara Rektor Unimed Prof Dr Baharuddin ST,MPd menyambut baik ide dari Komisi Informasi Sumut untuk melakukan MOU dengan Unimed karena Unimed sebagai Kampus yang mencetak insan intelektual sudah menerapkan keterbukaan apalagi keterbukaan informasi. ” Akademik itu memang harus terbuka karena ilmiah seperti data, penelitian dan lainnya dan itu merupakan sebuah keharusan bagi lembaga akademik seperti Unimed ini” kata Baharuddin.

Baharuddin yang ketika itu didampingi Wakil Rektor II Winsyahputra Ritonga SPd MSi dan Humas Dr Surip MPd menegaskan Unimed punya Lembaga Pengabdian Mahasiswa ( LPM) yang bisa dijadikan tempat merealisasikan kerjasama dengan KI Sumut.” Kerjasama bisa dalam bentuk sosialisasi Bintek dan Penelitian, Unimed siap untuk kerjasama itu,” demikian Baharuddin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*